Mata Pelajaran :Bahasa Arab
Kelas/Semester : 4/2
Penyusun :Mayya Ambarwati Wardani
No
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
KI 4
|
Menyajikan pengetahuan factual dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
3.2
Menemukan makna dari ujaran
kata, frase, dan kalimat saederhana terkait
topik: (أسرتي1)
|
أُسْرَتِيْ (1)
|
Menjawab pertanyaan tentang kandungan teks.
|
Pilihan ganda
|
10
|
4.4
Menyusun teks sederhana
tentang topik: (أسرتي1)
|
Menyusun kalmiat tentang keluargaku dengan menggunakan
dhamir muttashil.
|
Esai
|
31
|
Soal :
لِلنَّمْرَةِ 10 اِقْرَأْ هَذَا النَّصَ! (Untuksoal no. 10bacalahteksini!)
هَذَا أَبُوْ سَالِم, اِسْمُهُ إِبْرَاهِيْمُ. هُوَ
فَلَّاحٌ. هُوَ مِنْ جَاكَرْتَا. وَهَذِهِ أُمُّ سَالِم, اِسْمُهُ مَرْيَمُ. هِيَ
مُدَرِّسَةٌ.
10. مَنْ
إِبْرَاهِيْمُ؟
أ.
هُوَ مُدَرِّسٌ ب.
هُوَ أَبُوْ سَالِم ج. هُوَمِنْ
جَاكَرْتَا د. هُوَفَلَّاحَةٌ
31. اِجْعَلْ
الجُمْلَةَ كَمَا فِي المِثَالِ! (Buatlah kalimat seperti contoh!)
المِثَالُ: أَبٌ/إِبْرَاهِيْمُ = هَذَاأَبِيْ, اِسْمُهُإِبْرَاهِيْمُ.
عَمٌّ/مُوْسَى =___________
Bagus, Bu Mayya.
BalasHapusAda beberapa catatan yang perlu dipertimbagkan ulang.
1) Soal nomor 10 sepertinya menguji kecakapan menjawab pertanyaan sesuai dengan kata tanya yang digunakan. Jika benar demikian, indikator soalnya mesti lebih spesifik, misal: disediakan teks sederhana satu paragraf bertema keluargaku, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan kata tanya مَنْ.
2) Pada teks baris kedua, mohon periksa kembali penggunaan kata اِسْمُهُ.
Terima kasih dan mohon maaf.
Salam