Catatan:
- Bagi anak-anak (SD), mengenal dan memahami konsep tidak tercermin pada kemampuannya merumuskan kalimat definisi. Mengidentifikasi ciri-cirinya, itulah proses mereka mengenali sesuatu. Dapat membedakan something dari something else, itulah bukti bahwa mereka mengenali something secara baik.
- Bertolak dari situ, indikator soal nomor 1 bisa diubah menjadi "Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan musyawarah di antara tiga kegiatan yang dideskripsikan." Pokok soal menjadi "Mana yang termasuk musyawarah?" Opsi a, b, dan c masing-masing berupa deskripsi kegiatan, salah satunya deskripsi kegiatan musyawarah. Barangkali ada pertanyaan bernada protes, "Kok pokok soalnya berbentuk kalimat tanya?" Apa, sih dosanya pokok soal berbentuk pertanyaan? Mana yang lebih merangsang siswa untuk berpikir: pernyataan rumpang atau pertanyaan?
Komentar
Posting Komentar
Bahasa menunjukkan bangsa. Tunjukkan "bangsa" Anda melalui bahasa yang Anda pakai dalam komentar. Terima kasih.