Laporkan Penyalahgunaan

Beranda

Halaman

Arsip

Langsung ke konten utama

KpDL 6: Adab Bertamu


  • Mata Pelajaran: Kepedulian pada Diri dan Lingkungan (KpDL; Muatan Lokal untuk SD Kota Semarang)
  • Topik: Adab (Tata Krama) Bertamu
  • Teknik Penilaian: Tes Praktik (Kinerja)
Penilaian ini dirancang untuk dilaksanakan dengan metode simulasi di dalam situasi sekolah sebagai replika masyarakat.

RANCANGAN AWAL


Terhadap rancangan ini, kita bisa ajukan beberapa catatan sebagai berikut.
  1. Kisi-kisi sudah bagus.
  2. Soal nomor 3 sebaiknya diganti targetnya: selain wali kelas, agar wali kelas (= pengampu mata pelajaran) bisa leluasa memantau kegiatan siswa di semua ruang praktik. 
  3. Guru pengampu perlu berkoordinasi dengan para penilai (pihak -pihak yang ditunjuk sebagai penerima tamu di kantor TU, perpustakaan, dsb.).
  4. Rubriknya bisa didetailkan seperti contoh berikut. (Ikuti langkah-langkah merancang penilaiannya: menetapkan standar, merumuskan kriteria, dan membuat rubrik. Ingat, rubrik ini disajikan sekadar sebagai contoh; jumlah dan rumusan kriteria serta penskorannya bisa dimodifikasi menurut kebutuhan.)

LANGKAH-LANGKAH MERANCANG PENILAIAN

1. Menetapkan Standar
    Pada topik "adab bertamu", misalnya, ditetapkan 3 butir standar:
  • datang secara sopan;
  • menunaikan keperluan secara jelas dan sopan; dan
  • berpamitan secara sopan.
2. Merumuskan Kriteria

3. Membuat Rubrik
Catatan:
  1. Kriteria penilaian harus diketahui oleh siswa sebelum dilakukan penilaian.
  2. Rubrik berfungsi seperti lembar jawaban dalam tes tulis; jadi, sebaiknya dimiliki oleh setiap siswa (menjadi dokumen portofolio).
  3. Tabel kriteria di atas bisa langsung dipakai sebagai formulir rubrik dengan melengkapi judul, identitas siswa, kolom nilai, dan identitas penilai.
Mari, kita diskusikan.
Dilahirkan dan dibesarkan di desa, dewasa di kota, berpikir global dan bertindak lokal ala desa.

Komentar